Belajar R Programming Dari Mana?

Belajar R Programming Dari Mana?Andreas ChandraBlockedUnblockFollowFollowingDec 1, 2017gambar: inwizards.

comYup, itulah salah 1 pertanyaan yang sering gue temui ketika orang yang mau belajar data science pakai bahasa R.

bagi sebagian orang yang tidak dapat mata kuliah (assume she/he is not engineering major) pemrograman akan bingung… apa yang harus dilakukan dengan console-nya atau script R, dan sejujurnya gue juga tidak dapat bahasa R sewaktu kuliah tapi dapat mata kuliah bahasa pemrograman.

menurut gue semua bahasa itu sama aja, cuma sytaxnya doang yang beda, jadi cepet buat adaptasi dengan bahasa baru, kalo lu udah sering gonta-ganti bahasa pasti akan menemukan sense programming language, ujung ujungnya cuma bilang “pemrograman kan gitu gitu doang, nothing special” ya… itu juga sama yang terjadi sama gue…tanpa banyak basa basi busuk… let’s dive in.

Installing Rmake sure gengs, R nya di install dulu, gimana mau belajar R kalo R-nya belom diinstall 😀 setelah itu baru install R Studio.

ini https://cran.

r-project.

org/ dan https://www.

rstudio.

com/Basic of Rkalo sudah diinstall, buka deh R Studionya.

di R Studio ini “ngoding” nya lebih enak ketimbang pake R Console.

jadi ketimbang langsung ngetik di Console mending di Script aja, bisa dibawa pulang 😀 eh masuknya bisa di save jadi bisa dipakai lagi sewaktu waktu butuh.

As you know R ditujukan untuk statistik.

jadi hal hal operasi aritmatika bisa lah ya… untuk hal basic ada hal yang perlu kalian ingat jadi kalau hal hal fundamental sudah terbiasa bikin model dan visualisasi segala macem jadi gampang, hal yang mendasar yaitu:Basic MathVariablesData TypesVectorsFunctionsData FrameListsMatricesArraysConditional StatementBasic MathAs it’s name.

operasi dasar seperti tambah, kurang, kali, bagi, sqrt, mod,VariablesVariabel adalah tempat untuk menyimpan sebuah value.

X <- 10 itu artinya X mengandung nilai 10.

Data TypesTipe data di R ada numeric, character, Dates, Logical (Boolean)VectorsVector adalah sekumpulan elemen untuk tipe data yang sama misalkan:V <- c(1,2,3,4,5,6)itu artinya variabel V mengandung nilai 1,2,3,4,5,6FunctionsKita dapat membuat fungsi sendiri di R.

Fungsi ini memudahkan kita jika memiliki serangkaian proses dan mengembalikan nilai.

Data FrameIn short, data frame ini kayak table di excel dia ada nama kolom diikuti dengan isi dibawahnya.

Listsada yang bilang sih list seperti container yang bisa memuat tipe data yang berbeda.

misalkan ada index A,B,C di list opearasi.

nah index A di list operasi ini bisa berisikan sekumpulan angka, lalu di index B bisa berupa data frame, index yang terakhir bisa di isi matrix.

MatricesMatrix, seperti yang dipelajari waktu SMA.

matrix berisi index colomn dan row, mirip mirip data frame tapi representasinya dan rules nya yang beda.

Arraysini nih yang jarang dibahas orang, karena agak mikir keras kalo mau pake.

kalo matrix itu 2 dimensi, array ini 3 dimensi.

Conditional Statementini nih yang lumayan penting, sering dipakai karena nilai input yang bervariasi.

IF x > 8 then print(“good”) ELSE print(“So so”)Conclusionya sekian pejelasan singkat hal hal yang harus dikuasai terlebih dahulu, source codenya banyak bertebaran dimana mana, dan setiap kali ada orang yang bertanya tentang hal ini, gue selalu menjawab hal yang sama, point point di atas harus dikuasai terlebih dahulu, nantinya akan mudah untuk programming yang automate buat bikin model dan visualisasi segala macamnya.

.

. More details

Leave a Reply